Rabu, 06 Juni 2012

SILABUS QURDIS MTS KELAS IX


SILABUS


Madrasah                 : MTs PKP JAKARTA ISLAMIC SCHOOL
Mata Pelajaran        : Al-Qur’an-Hadis
Kelas/ smt                : IX/ I


Standar Kompetensi         : 1. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Nilai Budaya & karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4

5
6
7
1.1.  Menerapkan hukum bacaan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah

-    Hukum bacaan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
-    QS Al Kautsar dan Al Maun   

-    Menjelaskan hukum bacaan mad silah
-    Mencari mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
-    Mempraktikkan hukum mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
-    Menjelaskan hukum mad silah
-    Mengidentifikasi mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zal-zalah
-   Mengaplikasikan mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
-    Tes lisan
3 x 40 menit
Buku Paket, Alqur’an, Terjemah, dan buku tajwid
1.2.  Menerapkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
-    hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an

-    Menjelaskan hukum ba-caan mad lazim mukhof-faf kilmi, mutsaqqol kil-mi, dan Farqi
-    Mencari hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
-    Mempraktikkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
-    Menjelaskan hukum bacaan mad lazim mu-khoffaf kilmi, mut-saqqol kilmi, dan Farqi
-    Mengidentifikasi hu-kum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mut-saqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
-   Mempraktikkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi, mutsaqqol kilmi, dan Farqi dalam Al-Qur’an
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
-    Tes lisan
3 x 40 menit
Buku Paket, Alqur’an, dan buku tajwid
Standar Kompetensi         : 2. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Nilai Budaya & karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4

5
6
7
2.1.  Memahami isi kandungan Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam


-    Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
-    Terjemahan Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam
-    Ayat-ayat dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam
-    Isi kandungan Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam

-    Membaca Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam
-    Menerjemahkan Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam
-    Menentukan ayat-ayat dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam
-    menggali isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang menimbun harta (serakah)
-    Membaca Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam
-    Menerjemahkan Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam
-    Memilih ayat-ayat dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam
-    Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum alam
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes lisan
-    Tes tulis
3 x 40 menit
- Buku Paket dan   - Al-Qur’an

2.2.  Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah  tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan 
-    pengertian kiamat soghro dan kubro
-    Macam-macam bencana alam dalam kehidupan

-    Penyebab bencana alam dalam kehidupan
-    Contoh ulah manusia yang menyebabkan bencana alam
-    kesimpulan tentang keterkaitan antara bencana alam dengan akibat ulah manusia
-    Membedakan pengertian kiamat soghro dan kubro
-    Menyebutkan macam-macam bencana alam dalam kehidupan
-    Mendiskusikan penyebab bencana alam dalam kehidupan
-    Mencari contoh ulah manusia yang menyebabkan bencana alam
-    Membuat kesimpulan tentang keterkaitan antara bencana alam dengan akibat ulah manusia
-    Menjelaskan pengertian kiamat soghro dan kubro
-    Menunjukkan fakta macam-macam bencana alam dalam kehidupan
-    Menjelaskan penyebab bencana alam dalam kehidupan
-    Menyebutkan contoh ulah manusia yang menyebabkan bencana alam
-   Menyimpulkan keterkaitan antara bencana alam dengan akibat ulah manusia
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
-    Tes lisan (diskusi)
3 x 40 menit
-    Buku paket
-    Al-Qur’an
-    Buku Tajwid
2.3.  Menerapkan kandungan Al-Qari’ah, Al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
-    Contoh perilaku orang yang peduli terhadap alam
-    cara menghindari terjadinya bencana alam yang dianjurkan agama
-    Menacari contoh perilaku orang yang peduli terhadap alam
-    Menentukan cara menghindari terjadinya bencana alam yang dianjurkan agama
-   Menunjukkan contoh perilaku orang yang peduli terhadap alam
-   Menjelaskan cara menghindari terjadinya bencana alam yang dianjurkan agama
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
3 x 40 menit
-    Buku paket
-    Al-Qur’an dan Terjemah







Standar Kompetensi         : 3. Memahami Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Nilai Budaya & karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4

5
6
7
3.1.  Menulis Hadis tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-    Hadis tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-     Menulis Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-   Menulis Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-     
-    Tes tulis
3 x 40 menit
- Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
- Buku Hadits Yang  relefan
- Sumber lain yang relefan

3.2.  Menerjemah kan makna Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

-    Hadis tentang  menjaga dan melestarikan lingkungan alam




-    Mengartikan kata kata sulit dalam Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-    Mengartikan Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-    Mengartikan kata kata sulit dalam Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-    Mengartikan Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
3 x 40 menit
-  Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
- Buku Hadits Yang  relefan
- Sumber lain yang relefan

3.3.  Menghafal Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam


-    Hadis tentang  tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-    Menghafal Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-   Menghafal Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes lisan
3 x 40 menit
-  Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
- Buku Hadits Yang  relefan
- Sumber lain yang relefan


3.4.  Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Ha-dits dalam peri-laku menjaga dan melesta-rikan lingku-ngan alam da-lam fenomena kehidupan dan akibatnya

-    Isi kandungan Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-    Contoh perilaku orang yang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-    Akibat orang yang tidak menjaga dan melestarikan lingkungan alam

-   Menggali isi kandungan Hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-   Mencari contoh perilaku orang yang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-   Menentukan akibat orang yang tidak menjaga dan melestarikan lingkungan alam

-   Mejelaskan pengertian keseimbangan hidup di dunia dan akherat
-   Menunjukkan contoh perilaku orang yang menjaga dan melestarikan lingkungan alam
-   Menyebutkan akibat orang yang tidak menjaga dan melestarikan lingkungan alam

-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
3 x 40 menit
-  Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
- Buku Hadits Yang  relefan
- Sumber lain yang relefan

                                                                                             





                    
SILABUS

Madrasah                 : MTs PKP JAKARTA ISLAMIC SCHOOL

Mata Pelajaran        : Al-Qur’an-Hadis

Kelas/ smt                : IX/ II

Standar Kompetensi         : 4. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
 Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Nilai Budaya & karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
4.1.  Menerapkan hukum bacaan mad, lam dan ro’ dalam QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq


-    Hukum bacaan mad, lam dan ro’ dalam QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq
-    QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq

-    Menjelaskan hukum bacaan mad, lam dan ro’ dalam QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq
-    Mempraktikkan hukum mad silah dalam Q.S. Al-Qari’ah dan Al-Zalzalah
-   Menjelaskan hukum bacaan mad, lam dan ro’ dalam QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq
-   Mengaplikasikan hukum bacaan mad, lam dan ro’ dalam QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq



-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
-    Tes lisan
3 x 40 menit
Buku Paket, Alqur’an, dan buku tajwid
Power point

4.2.  Menerapkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur’an
-    hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur’an

-    Menjelaskan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur’an
-    Mencari hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur’an
-    Mempraktikkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur’an
-    Menjelaskan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur’an
-    Mengidentifikasi hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur’an
-   Mempraktikkan hukum bacaan mad lazim mukhoffaf harfi dan mutsaqqol harfi dalam Al-Qur’an

-     
-    Tes tulis
-    Tes lisan
3 x 40 menit
Buku Paket, Alqur’an, dan buku tajwid
Standar Kompetensi    : 5. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Nilai Budaya & karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4

5
6
7
5.1.  Memahami isi kandungan QS.  Al-Ashr dan   Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu

-    Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq
-    Terjemahan Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
-    Ayat-ayat dalam Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
-    Isi kandungan Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
-    Membaca Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq
-    Menerjemahkan Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq
-    Menentukan ayat-ayat dalam Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
-    menggali isi kandungan Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
-    Membaca Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq
-    Menerjemahkan Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq
-    Memilih ayat-ayat dalam Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
-    Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Ashr dan   Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes lisan
-    Tes tulis
3 x 40 menit
Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
 LKS
5.2.  Memahami keterkaitan isi kandungan QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan

-    Pengertian waktu dalam fenomena kehidupan
-    Pentingnya menghargai waktu dalam kehidupan
-    Fakta tentang contoh kerugian orang yang tidak mengharagai waktu
-    Pengertian ilmu
-    Pentingnya ilmu dalam kehidupan
-    Fungsi ilmu dalam kehidupan



-    Merumuskan pengertian waktu
-    Mendiskusikan pentingnya menghargai waktu dalam kehidupan
-    Mencari fakta tentang contoh kerugian orang yang tidak mengharagai waktu
-    Merumuskan pengertian ilmu
-    Mendiskusikan pentingnya ilmu dalam kehidupan
-    Menunjukkan fungsi ilmu dalam kehidupan
-    Menyebutkan pengertian waktu dalam fenomena kehidupan
-    Menjelaskan pentingnya menghargai waktu dalam kehidupan
-    Menunjukkan fakta tentang kerugian orang yang tidak mengharagai waktu
-    Menyebutkan pengertian ilmu
-   Menjelaskan pentingnya ilmu dalam kehidupan
-   Menyebutkan fungsi ilmu dalam kehidupan
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
-    Tes lisan (diskusi)
3 x 40 menit
Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
LKS

5.3.  Menerapkan kandungan QS. Al-Ashr dan Al-‘Alaq ten-tang menghar-gai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan sehari-hari
-   Contoh perilaku orang yang menggunakan waktu dengan baik
-   Perbedaan menggunakan waktu untuk hal-hal yang diperbolehkan agama dan tidak
-   Contoh-contoh perilaku orang yang menghabiskan waktu di jalan Allah
-   Cara menghindari membuang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna
-   Pengertian ilmu
-   Macam-macam ilmu dari segi bagaimana diperoleh (kasbi dan ladunni)
-   Batasan ilmu yang boleh dipelajari dan tidak
-   Keutamaan menuntut ilmu
-    Keutamaan orang yang berilmu
-   Mencari contoh perilaku orang yang menggunakan waktu dengan baik
-   Membedakan menggunakan waktu untuk hal-hal yang diperbolehkan agama dan tidak
-   Menemukan contoh-contoh perilaku orang yang menghabiskan waktu di jalan Allah
-   Menentukan cara menghindari membuang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna
-   Merumuskan pengertian ilmu
-   Menjelaskan macam-macam ilmu dari segi bagaimana diperoleh (kasbi dan ladunni)
-   Memberi batasan ilmu yang boleh dipelajari dan tidak
-   Menyebutkan keutamaan menuntut ilmu
-    Mendiskusikan keutamaan orang yang berilmu
-   Menunjukkan contoh perilaku orang yang menggunakan waktu dengan baik
-   enjelaskan perbedaan menggunakan waktu untuk hal-hal yang diperbolehkan agama dan tidak
-   Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang menghabiskan waktu di jalan Allah
-   Menjelaskan cara menghindari membuang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna
-   Menyebutkan pengertian ilmu
-   Menjelaskan macam-macam ilmu dari segi bagaimana diperoleh (kasbi dan ladunni)
-   Menjelaskan batasan ilmu yang boleh dipelajari dan tidak
-   Menyebutkan keutamaan menuntut ilmu.
-   Menyebutkan keutamaan orang yang berilmu

-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
Disiplin
-    Tes tulis
-    Tes lisan
6 x 40 menit
Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
  LKS

Standar Kompetensi         : 6. Memahami Hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Nilai Budaya & karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4

5
6
7
6.1.  Menulis Hadis tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu

-   Hadis tentang menghargai waktu
-   Hadis tentang menunutut ilmu
-   Menulis Hadis tentang menghargai waktu
-   Menulis Hadis tentang menunutut ilmu
-   Menulis Hadis tentang menghargai waktu
-   Menulis Hadis tentang menunutut ilmu
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
3 x 40 menit
Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
LKS
6.2.  Menerjemahkan Hadis tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu

-    Arti kata kata sulit dalam Hadis tentang menghargai waktu
-    Arti Hadis tentang menghargai waktu
-    Arti kata kata sulit dalam Hadis tentang menuntut ilmu
-    Arti Hadis tentang menunutut ilmu
-    Mengartikan kata kata sulit dalam Hadis tentang menghargai waktu
-    Mengartikan Hadis tentang menghargai waktu
-    Mengartikan kata kata sulit dalam Hadis tentang menuntut ilmu
-    Mengartikan Hadis tentang menuntut
-    Mengartikan kata kata sulit dalam Hadis ten-tang menghargai waktu
-    Mengartikan Hadis ten-tang menghargai waktu
-    Mengartikan kata kata sulit dalam Hadis ten-tang menuntut ilmu
-    Mengartikan Hadis tentang menuntut ilmu
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
3 x 40 menit
Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
  LKS
6.3.  Menghafal Hadis tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu
-   Hadis tentang menghargai waktu
-   Hadis tentang menunutut ilmu
-   Menghafal Hadis ten-tang menghargai waktu
-   Menghafal Hadis tentang menuntut ilmu
-   Menghafal Hadis tentang menghargai waktu
-   Menghafal Hadis tentang menuntut ilmu
-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes lisan
3 x 40 menit
Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
  LKS

6.4.  Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadis dalam perilaku menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
-   Pentingnya menggunakan waktu untuk menunutut ilmu
-   Perilaku orang yang menggunakan waktu untuk menuntut ilmu
-   Akibat orang yang tidak menggunakan waktu untuk menunutut ilmu
-    Keterkaitkan antara orang yang menggunakan waktu untuk menuntut ilmu dengan kesuksesan hidup dalam kehidupan sehari-hari
-   Mendiskusikan pentingnya menggunakan waktu untuk menuntut ilmu
-   Mencari contoh perilaku orang yang menggunakan waktu untuk menuntut ilmu
-    Menemukan akibat orang yang tidak menggunakan waktu untuk menuntut ilmu
-    Mengaitkan antara orang yang menggunakan waktu untuk menuntut ilmu dengan kesuksesan hidup dalam kehidupan sehari-hari
-   Menjelaskan pentingnya menggunakan waktu untuk menuntut ilmu
-   Menyebutkan perilaku orang yang menggunakan waktu untuk menuntut ilmu
-    Menjelaskan akibat orang yang tidak menggunakan waktu untuk menuntut ilmu
-   Menjelaskan keterkaitkan antara orang yang menggunakan waktu untuk menuntut ilmu dengan kesuksesan hidup dalam kehidupan sehari-hari

-    Religius
-    Gemar membaca
-    Jujur
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin

-    Tes lisan (diskusi)
-    Tes tulis
 3 x 40 menit
 Buku Paket Qur’an Hadits kelas IX
  LKS

Jakarta,    Juli    2011           
Mengetahui,                                                                                                                                                      Guru Mapel Al-Qur’an Hadits.
               Kepala MTs PKP JIS Jakarta                                                                                                                                    





               Drs. M U N D A R I H                                                                                                                                       SUHELI, S.Pd.I
               NIP: 196602062007011040

 

MADRASAH  TSANAWIYAH PKP
JAKARTA ISLAMIC SCHOOL


SILABUS PEMBELAJARAN








Rounded Rectangle: MATA PELAJARAN : Al-Qur’an-Hadits 
KELAS IX, SEMESTER 1 dan 2

 








TAHUN PELAJARAN 2011/2012






MADRASAH  TSANAWIYAH PKP
JAKARTA ISLAMIC SCHOOL


SILABUS PEMBELAJARAN








Rounded Rectangle: MATA PELAJARAN : Al-Qur’an-Hadits 
KELAS VIII, SEMESTER 1

 










SILABUS


Madrasah                 : MTs PKP JAKARTA ISLAMIC SCHOOL
Mata Pelajaran        : Al-Qur’an-Hadis
Kelas/ smt                : VIII/ I

Standar Kompetensi         : 1. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
1.1  Menerapkan hukum bacaan mad layyin dan mad ‘arid lissukun dalam surat Quraiys dan Al-Ma’un

-    Hukum bacaan mad layyin dan mad ‘arid lissukun dalam surat Quraiys dan Al-Ma’un
-    QS Al Kautsar dan Al Maun   

-    Menjelaskan hukum mad layyin dan mad ‘arid lissukun
-    Mencari mad silah dalam Q.S. Quraiys dan Al-Ma’un
-    Mempraktikkan hukum bacaan mad layyin dan mad ‘arid lissukun dalam surat Quraiys dan Al-Ma’un
-    Menjelaskan hukum mad layyin dan mad ‘arid lissukun
-   Mengidentifikasi mad ‘arid lissukun dalam surat Quraiys dan Al-Ma’un
-   Mengaplikasikan mad ‘arid lissukun dalam surat Quraiys dan Al-Ma’un
-    Tes tulis
-    Tes lisan
2 x 40 menit
Buku Paket, Alqur’an, dan buku tajwid
1.2. Menerapkan hukum bacaan mad iwadh, mad badal dan mad tamkien dalam Al-Qur’an
-    Hukum bacaan mad iwadh, mad badal dan mad tamkien dalam Al-Qur’an

-    Menjelaskan hukum ba-caan mad iwadh, mad badal dan mad tamkien dalam Al-Qur’an
-    Mencari hukum bacaan mad mad iwadh, mad badal dan mad tamkien dalam Al-Qur’an
-    Mempraktikkan hukum bacaan mad iwadh, mad badal dan mad tamkien dalam Al-Qur’an
-    Menjelaskan hukum bacaan mad iwadh, mad badal dan mad tamkien
-    Mengidentifikasi hu-kum bacaan mad mad iwadh, mad badal dan mad tamkien dalam Al-Qur’an

-   Mempraktikkan hukum bacaan mad iwadh, mad badal dan mad tamkien dalam Al-Qur’ann
-    Tes tulis
-    Tes lisan
2 x 40 menit
Buku Paket, Alqur’an, dan buku tajwid

Standar Kompetensi         : 2. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang ketentuan rizki dari Allah SWT
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
2.3.  Memahami isi kandunganQ.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah SWT.


-    Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh


-    Terjemahan Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Ayat-ayat dalam Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Isi kandungan Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Membaca Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah

-    Menerjemahkan Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Menentukan ayat-ayat dalam Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah

-    Menggali isi kandungan Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Membaca Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Menerjemahkan Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Memilih ayat-ayat dalam Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Menjelaskan isi kandungan Q.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Tes lisan
-    Tes tulis
2 x 40 menit
Buku Paket dan Juz’amma 
2.4.  Memahami keterkaitan isi kandunganQ.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah SWT. dalam kehidupan sehari-hari
-    Keterkaitan kandunganQ.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Macam-macam rizki yang diberikan Allah kepada manusia
-    Macam-macam usaha yang dilakukan manusia dalam mencari rizki
-    Memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam mencari rizki
-    Menjelaskan kandunganQ.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah

-    Menyebutkan macam-macam rizki yang diberikan Allah kepada manusia

-    Mendiskusikan macam-macam usaha yang dilakukan manusia dalam mencari rizki
-    Membuat kesimpulan keterkaitan isi kandunganQ.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah SWT. dalam kehidupan sehari-hari
-    Menjelaskan kandunganQ.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah
-    Menyebutkan macam-macam macam rizki yang diberikan Allah kepada manusia
-    Mendiskusikan macam-macam usaha yang dilakukan manusia dalam mencari rizki
-   Menyimpulkan keterkaitan isi kandunganQ.S. Quroisy dan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah SWT. dalam kehidupan sehari-hari
-    Tes tulis
-    Tes lisan (diskusi)
2 x 40 menit
-    Buku paket
-    Juz ‘amma
2.5.  Menerapkan kandunganQ.S. Quroisydan Al-Insyiroh tentang ketentuan rizki dari Allah SWT. dalam kehidupan sehari-hari

-    Contoh perilaku dalam mencari rizki
-    Cara memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam mencari dan memanfaatkan hasil usaha
-    Menacari contoh perilaku orang dalam mencari rizki
-    Menentukan cara memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam mencari dan memanfaatkan hasil usaha
-    Menunjukkan contoh perilaku orang yang dalam mencari rizki
-   Menjelaskan cara memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam mencari dan memanfaatkan hasil usaha
-    Tes tulis
2 x 40 menit
-    Buku paket
-    Juz ‘amma

Standar Kompetensi         : 3. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang kepedulian sosial
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
3.1  Memahami isi kandunganQ.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un
-    Terjemahan Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Ayat-ayat dalam Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Isi kandungan Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-     Membaca Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Menerjemahkan Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Menentukan ayat-ayat dalam Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Menggali isi kandungan Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Membaca Q.S. Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Menerjemahkan Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Memilih ayat-ayat dalam Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-   Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Tes tulis
2 x 40 menit
Buku Paket
3.2  Memahami keterkaitan isi Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Keterkaitan kandunganQ.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Contoh bentuk-bentuk kepedulian sosial
-    Memanfaaf dari kepedulian sosial
-    Menjelaskan kandunganQ.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Menyebutkan macam-macam Contoh bentuk kepedulian sosial
-    Mendiskusikan Memanfaaf dari
 kepedulian sosial
-    Membuat kesimpulan keterkaitan isi kandunganQ.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Menjelaskan keterkaitan kandunganQ.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Menyebutkan macam-macam Contoh bentuk kepedulian sosial
-    Mendiskusikan Memanfaaf dari kepedulian sosial
-   Membuat kesimpulan keterkaitan isi kandunganQ.S. Al-Kautsar dan Al-Ma’un tentang kepedulian sosial
-    Tes tulis
2 x 40 menit
Buku paket













Standar Kompetensi         : 4. Memahami Hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
4.1 Menulis hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim 
-   Hadis tentang tolong menolong
-   Hadis tentang mencintai anak yatim
-   Menulis Hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
-   Menerjemah hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim

-   Menjelaskan kandungan hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
-   Menghafal hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
-   Menulis Hadis tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
-   Menerjemah hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
-   Menjelaskan kandungan hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
-   Menghafal hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
-    Tes tulis
2 x 40 menit
Buku Paket
                                                                                                                    

SILABUS


Madrasah                 : MTs PKP JAKARTA ISLAMIC SCHOOL
Mata Pelajaran        : Al-Qur’an-Hadis
Kelas/ smt                : VIII/ II

Standar Kompetensi         : 1. Membaca Al-Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
-   Menerapkan hukum bacaan lam dan ra’ dalam Aqur’an dan At-Takatsur

Hukum bacaan lam dan ra’

-      Menjelaskan hukum   bacaan  lam.
-      Menerapkan hukum bacaan lam pada ayat Al-Qur’an
-      Menjelaskan hukum bacaan ra’
-      Menerpkan hukum bacaan ra’ pada ayat Al-Qur’an
-      Menjelaskan hukum   bacaan  lam.
-      Menerapkan contoh hukum bacaan lam pada ayat Al-Qur’an
-      Menjelaskan hukum bacaan ra’
-      Menerpkan contoh hukum bacaan ra’ pada ayat Al-Qur’an.

-    Tes tulis

2 x 40 menit
-  Buku Paket     Al-qur’an haditas Kls VIII
- LKS
- Al-Qur’an dan Terjemah
- Power poin
- Sumber lain yang relevan








Standar Kompetensi         : 2. Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan tentang menimbun harta
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
Memahami isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagiaan hakiki dalam fenomena kehidupanl
-    Q.S. Al-Humazah dan At-Taktsur
-    Terjemahan Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta
-    Ayat-ayat dalam Q.S. Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta
-    Isi kandungan  Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta
-    Membaca Q.S. Al-Humazah dan At-Taktsur
-    Menulis Q.S. Al-Humazah dan At-Taktsur
-    Menyebutkan mufrodat Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta.
-    Menerjemahkan Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta.
-    Ayat-ayat dalam Q.S. Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta
-    Menggali isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta.
-    Membaca Q.S. Al-Humazah dan At-Taktsur.
-    Menulis Q.S. Al-Humazah dan At-Taktsur
-    Menyebutkan mufrodat Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta.
-    Menerjemahkan Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta.
-    Ayat-ayat dalam Q.S. Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta
-   Menjelaskan isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-taktusr tentang cinta dunia dan menimbun harta.
-    Tes tulis
-    lisan
2 x 40 menit
-  Buku Paket     Al-qur’an haditas Kls VIII
- LKS
- Al-Qur’an dan Terjemah
- Power poin
- Sumber lain yang relevan

-   Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang sifat cinta dunia dan serakah
-    Keterkaitan kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang sifat cinta dunia.
-    Contoh sifat-sifat orang yang cinta dunia dan serakah
-    Akibat orang yang cinta dunia danserakah
-    Menjelaskan kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang sifat cinta dunia.
-    Menyebutkan sifat-sifat orang yang cinta dunia dan serakah
-    Mendiskusikan Akibat orang yang cinta dunia danserakah
-    Membuat kesimpulan keterkaitan isi Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang sifat cinta dunia dan serakah
-    Menjelaskan keterkaitan kandungan Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang sifat cintadunia.
-    Menyebutkan macam-macam Contoh sifat-sifat orang yang cinta dunia dan serakah
-    Mendiskusikan Akibat orang yang cinta dunia danserakah
-   Membuat kesimpulan keterkaitan isi Q.S. Al-Humazah dan At-Takatsur tentang sifat cinta dunia dan serakah.





-    Tes tulis
2 x 40 menit
-  Buku Paket     Al-qur’an haditas Kls VIII
- LKS
- Al-Qur’an dan Terjemah
- Power poin
- Sumber lain yang



Standar Kompetensi         : 3. Menerapkan hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
 -Menulis hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
-   Hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan
-   Menulis Hadis tentang keseimbangan hidup di dunia daan akhirat
-   Menerjemah hadits tentang keseimbangan hidup di dunia daan akhirat
-   Menjelaskan kandungan hadits tentang keseimbangan hidup di dunia daan akhirat
-   Menghafal hadits tentang keseimbangan hidup di dunia daan akhirat

-   Menulis Hadis tentang keseimbangan hidup di dunia daan akhirat
-   Menerjemah hadits tentang keseimbangan hidup di dunia daan akhirat
-   Menjelaskan kandungan hadits tentang keseimbangan hidup di dunia daan akhirat
-   Menghafal hadits tentang keseimbangan hidup di dunia daan akhirat

-    Tes tulis
-    Tes lisan
2 x 40 menit
-  Buku Paket     Al-qur’an haditas Kls VIII
-  LKS
-  Al-Qur’an dan Terjemah
-  Power
                                                                                                                                            



                                                                                                   
SILABUS

Madrasah                 : MTs PKP JAKARTA ISLAMIC SCHOOL
Mata Pelajaran        : Al-Qur’an Thafidz
Kelas/ smt                : VIII/II
Standar Kompetensi         :  Membaca dan Menghafal Al-Qur’an surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Nilai Budaya & karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4

5
6
7
Membaca dan Menghafal
surat pendek pilihan








-    Surat Al-Qori’ah
-    Surat Al-‘Adiyat

-    Membaca Surat Al-Qor’ah
-    Menghafal Surat Al-Qori’ah
-    Membaca Surat Al-Adiyat
-    Menghafal Surat Al-‘Adiyat

-    Membaca dengan fasih surat Al-Qori’ah
-    Menghafal dengan fasih dan lancer surat Al-Qori’ah
-    Menulis dengan benar surat al-Qori’ah
-    Membaca dengan fasih surat Al-‘Adiyat
-    Menghafal dengan fasih dan lancer surat Al-‘Adiyat
-    Menulis dengan benar surat Al-‘Adiyat

-    Religius
-    Gemar membaca
-    Tanggung Jawab
-    Disiplin
-    Tes tulis
-    Tes lisan
2 x 40 menit
Al-qur’an,
Juz’amma
Power Point

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar